INFO PENGUMUMAN HASIL PPDB REGULER  2020 2021 DAN DAFTAR ULANG SISWA

  1. Nama Calon Peserta Didik Baru Kelas X, Kelas Reguler Program Studi MIPA dan Program Studi IPS SMA Negeri 2 Ngaglik tahun pelajaran 2020/2021 yang telah lolos seleksi seperti akan diumumkan secara Offline disekolah Jumat 3 Juli 2020 Pukul 10.00WIB (bila adwal mundur akan diinfokan)

 

  1. Daftar ulang dapat dilakukan pada :

     Hari                    :    Jumat, Senin, Selasa, RabuTanggal 3, 6, 7, 8 Juli 2020.

     Pukul                  :    08.00 s.d. 14.30 WIB.

     Tempat               :    SMA Negeri 2 Ngaglik

 

  1. Syarat- Syarat Pendaftaran Kembali:
  1.  Mengisi surat pernyataan peserta didik baru bermaterai 6.000, berkas diambil di Loket Daftar Ulang.
  2. Melengkapi berkas daftar ulang. Ketentuan berkas yang dikumpulkan terlampir pada lampiran 2.
  3. Orangtua/wali peserta didik baru wajib hadir ke sekolah sesuai jadwal yang ditentukan,

BERKAS YANG HARUS DIKUMPULKAN  DIMASUKKAN  STOPMAP  KERTAS

( Putra  Stopmap Biru, Putri Stopmap Merah )

 

No BERKAS Jumlah
1 Print Out Bukti pendaftaran Online 1
2 Mengisi Blangko Surat Pernyataan Peserta Didik Baru 1
3 Surat Pernyataan  keaslian dokumen 1
4 Surat Pernyataan  Tidak Mengundurkan Diri 1
5 SKL  : Surat  Keterangan Lusus 3
6 Fc. Ijazah  ditunjukkan  aslinya 3
7 Fc. Kartu Keluarga 3
8 Fc. Akta Kelahiran 3
9 Fc. KTP Bapak / Wali 3
10 Fc. KTP Ibu / Wali 3
11 Foto terbaru berwarna  3X4   background biru 3
12 Mengumpulkan foto copi bagi yang mempunyai  Kartu  : 3
–            DTKS  (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)
–            PKH  ( Program Keluarga Harapan)
–            KMS  ( Keluarga Menuju Sejahtera )
–            KKRM ( Kartu Keluarga Rentan Miskin)
–            KKM (Kartu Keluarga Miskin)
–            KIP  ( Kartu Indonesia Pintar )
–            Kartu Cerdas

 

 

JADWAL PERTEMUAN  ORANG TUA /WALI  PESERTA DIDIK BARU

DAN PENYERAHAN BERKAS DAFTAR ULANG

 

No Hari dan Tanggal Pukul No. Urut Pengumuman
MIPA IPS
1

 

Senin, 6 Juli 2020 07.30 – 09.30 01 – 36
10.00 – 12.00 37 –  72
2

 

Selasa, 7 Juli 2020 07.30 – 09.30 73 –  108
10.00 – 12.00 109 – 144
3

 

Rabu, 8 Juli 2020 07.30 – 09.30 01 – 36
10.00 – 12.00 37 – 72

Info PPDB Reguler Tahun pelajaran 2020/2021

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) ONLINE

SMA NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

I. WAKTU PELAKSANAAN

 

No KEGIATAN Hari/Tanggal Keterangan
1 Pengecekan data kependudukan calon peserta didik dan pengurusan data kependudukan yang bermasalah Selasa s.d. Jumat, 2 s.d 5 Juni 2020 (Jam Kerja) Mengklarifikasi data domisili calon peserta didik melalui laman ppdb.jogjaprov.go.id
2 Pengurusan penambahan nilai prestasi non akademik (bagi yang memiliki dan memilih jalur prestasi dan kelas khusus olahraga) Selasa s.d. Jumat, 2 s.d 5 Juni 2020 (Jam Kerja) Dilaksanakan secara daring/online di laman ppdb.jogjaprov.go.id
3 Pengurusan rekomendasi dan entri bukti dari keluarga tidak mampu (Khusus Jalur Afirmasi) dan calon peserta didik dari luar DIY Selasa s.d. Jumat, 2 s.d. 5 Juni 2020 (Jam Kerja) Dilaksanakan secara daring/online di laman ppdb.jogjaprov.go.id
4 Pengurusan rekomendasi perpindahan tugas orangtua (Khusus jalur perpindahan tugas orangtua/wali) Selasa s.d. Jumat, 2 s.d. 5 Juni 2020 (Jam Kerja) Dilaksanakan secara daring/online di laman ppdb.jogjaprov.go.id
5 Input data calon peserta didik lulusan luar DIY dan calon peserta didik dalam DIY lulusan sebelum tahun 2020 Senin s.d. Rabu, 8  s.d. 10 Juni 2020 (Jam Kerja) Dilaksanakan secara daring/online di laman ppdb.jogjaprov.go.id
6 Verifikasi berkas dan pengambilan PIN/TOKEN Senin s.d Kamis, 22 s.d. 25 Juni 2020 Sampai pukul 14.30 WIB  

a. Admin pelaksana di sekolah yang menjadi salah satu pilihan pendaftar.

b. Peserta didik lulusan Luar DIY admin pelaksana di Balai Dikmen Kab. Sleman

7 Pendaftaran Senin s.d. Rabu, 29 Juni s.d. 1 Juli 2020 Pelayanan ditutup hari Rabu, tanggal 1 Juli 2020, pukul 16.00 WIB
8 Seleksi Senin s.d. Kamis, 29 Juni s.d. 2 Juli 2020 Seleksi oleh sistem
9 Pengumuman Jumat, 3 Juli 2020 Pukul 10.00 WIB di sekolah masing-masing
10 Daftar Ulang Jumat, Senin, Selasa, dan Rabu, 3, 6, 7, dan 8 Juli 2020 Jumat pukul 10.00 – 14.00 WIB Hari lain pukul 08.00 – 14.30 WIB di sekolah masing-masing

 

II.   PERSYARATAN CALON PESERTA DIDIK SMA NEGERI

  1. Memiliki ijazah/STTB SMP/MTs/bentuk lain yang sederajat;
  2. Berusia setinggi-tingginya 21 (dua puluh satu) tahun pada hari pertama tahun pelajaran baru; dan
  3. Memiliki nilai Rapor jenjang SMP/MTs 5 (lima) semester

 

III.   JALU PPDB ONLINE

PPDB daring/online untuk SMAN dan SMKN melalui:

  • Jalur Zonasi, dengan kuota paling sedikit 55% (lima puluh lima persen) dari daya tampung sekolah;
  • Jalur Afirmasi, dengan kuota paling banyak 20% (dua puluh persen) dari daya tampung sekolah;
  • Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dengan kuota paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung sekolah;
  • Jalur Prestasi, dengan kuota paling banyak 20% (dua puluh lima persen) dari daya tampung sekolah;

 

IV.    KETENTUAN PPDB  ONLINE

  1. JALUR ZONASI
    1. Jalur Zonasi, dengan kuota paling sedikit 55% (lima puluh lima persen) dalam zonasi termasuk kuota bagi calon peserta didik penyandang disabilitas pada sekolah yang menyelenggarakan pendidikan inklusif paling banyak 2 (dua) peserta didik per rombongan belajar.
    2. Penerimaan calon peserta didik Jalur Zonasi untuk SMAN diatur berdasarkan Zonasi yang terbagi dalam Zona 1 (satu), Zona 2 (dua), Zona 3 (tiga), dan Zona 4 (empat).
    3. Penentuan Zonasi didasarkan pada Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY nomor 3196/KEPKA/2020 tentang Juknis PPDB daring/online SMAN dan SMKN, SMAN 2 Ngaglik Zona 1 dan Zona 2

 

Nama Sekolah Zona 1 Zona 2
Kalurahan/Desa Kecamatan Desa Kecamatan
SMA Negeri 2 Ngaglik Sukoharjo Ngaglik  BokoHarjo  Prambanan
Sardonoharjo Ngaglik  CandiBinangun  Pakem
Sariharjo Ngaglik  Donoharjo  Ngaglik
Minomartani Ngaglik  Donokerto  Turi
Sinduharjo Ngaglik  GiriKerto  Turi
Widodomartani Ngemplak  GlagahHarjo  Cangkringan
Bimomartani Ngemplak  HargoBinangun  Pakem
Sindumartani Ngemplak  HarjoBinangun  Pakem
wedomartani Ngemplak  KepuhHarjo  Cangkringan
Argomulyo Cangkringan  Maguwoharjo  Depok
umbulharjo Cangkringan  PakemBinangun  Pakem
Selomartani Kalasan  PurwoBinangun  Pakem
 TamanMartani  Kalasan
 TirtoMartani  Kalasan
 Umbulmartani  Ngemplak
 WukirSari  Cangkringan

    1. Zona 3 adalah Kalurahan/Desa dalam DIY yang tidak termasuk zona 1 dan zona 2 SMA N 2 Ngaglik
    2. Zona 4 adalah Kalurahan/Desa di luar DIY kecuali Kalurahan/Desa di perbatasan Jawa Tengah yang dikerjasamakan.
    3. Domisili calon peserta didik sesuai Zonasi ditentukan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon peserta didik yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) orangtua/wali.
    4. Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 6 bulan sebelum pendaftara PPDB.

2. JALUR AFIRMASI

    1. Daya tampung jalur afirmasi paling banyak 20% (dua puluh persen) dari daya tampung sekolah diperuntukkan bagi calon peserta didik dari keluarga ekonomi tidak mampu
    2. Peserta didik yang masuk melalui jalur afirmasi merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam zonasi SMAN 2 Ngaglik.
    3. Calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu yang dikeluarkan oleh Dinas  Sosial  Kabupaten/Kota.
    4. Peserta didik yang mengambil jalur afirmasi hanya dapat memilih sekolah di zona 1 (satu) di SMA N 2 Ngaglik
    5. Orang Tua/Wali peserta didik wajib membuat surat keterangan yang menyatakan bersedia diproses secara hukum apabila terbukti memalsukan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak
    6. Apabila kuota jalur afirmasi tidak terpenuhi maka sisa kuota akan dialihkan ke jalur zonasi
    7. Proses pengurusan rekomendasi dan entri bukti dari keluarga tidak mampu dilaksanakan secara daring/online melalui laman ppdb.jogjaprov.go.id

3. JALUR PERPINDAHAN TUGAS ORANG TUA/WALI

    1. Daya tampung Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung sekolah.
    2. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali sebagaimana dimaksud pada angka 1 meliputi:
      1. Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dari luar DIY ke dalam DIY; dan
      2. Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali antar kabupaten/kota dalam DIY yang diikuti perpindahan domisili orang tua/wali, dibuktikan dengan perpindahan Kartu Keluarga (KK).
    3. Perpindahan tugas sebagaimana dimaksud pada angka 2 dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau  perusahaan yang
    4. Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali paling lama 3 (tiga) tahun terakhir sebelum pelaksanaan
    5. Peserta didik yang menggunakan jalur perpindahan tugas orang tua/wali hanya dapat dilakukan apabila Kartu Keluarga (KK) orang tua/wali tersebut adalah Kartu Keluarga (KK) dari luar DIY.
    6. Calon peserta didik yang memilih Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali tidak dapat menggunakan pilihan sekolah pada jalur
    7. Proses pengurusan rekomendasi perpindahan tugas orang tua/wali dilaksanakan secara daring/online melalui laman jogjaprov.go.id
    8. Apabila jalur perpindahan orang tua/wali tidak terpenuhi maka sisa kuota akan dialihkan ke jalur zonasi

4. JALUR PRESTASI

    1. Calon Daya tampung Jalur Prestasi paling banyak 20% (dua puluh persen) dari daya tampung sekolah.
    2. peserta didik SMAN yang masuk melalui Jalur Prestasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berdomisili di luar Zona 1 (satu).
    3. Prasyarat Calon peserta didik pada Jalur Prestasi memiliki nilai gabungan paling sedikit 340 (tiga ratus dua puluh).
    4. Calon peserta didik pada Jalur Prestasi memiliki nilai Ujian Nasional sekurang-kurangnya 320 (tiga ratus empat puluh).
    5. Apabila jalur Prestasi tidak terpenuhi maka sisa kuota akan dialihkan ke jalur zonasi

V. PENAMBAHAN NILAI PRESTASI NON AKADEMIK

  1. Proses pengurusan penambahan nilai prestasi non akademik dilaksanakan secara daring/online melalui laman ppdb.jogjaprov.go.id
  2. Calon pendaftar memfoto/scan dokumen sertifikat asli dalam bentuk file PDF dari hasil kejuaraan/lomba sebagaimana dalam lampiran 2 (dua) yang selanjutnya diunggah/diupload dalam sistem verifikasi dokumen prestasi PPDB.

 

VI. PELAKSANAAN PENDAFTARAN ONLINE

  1. Pilihan Sekolah
    1. Calon peserta didik baru dapat melakukan pilihan maksimal 3 (tiga) pilihan peminatan (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/MIPA, Ilmu Pengetahuan Sosial/IPS, dan Bahasa dan Budaya) bisa dalam 1 (satu) sekolah atau sekolah berbeda, sesuai dengan daya tampung yang tersedia di masing-masing

SMA N 2 Ngaglik menyediakan program peminatan :

    • Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/MIPA (4 rombel/ 144 peserta didik)
    • Ilmu Pengetahuan Sosial/IPS (3 rombel/ 108 peserta didik)
    1. Calon peserta didik baru dapat melakukan  perubahan pilihan sampai satu hari sebelum tanggal penutupan pendaftaran pukul 23.59 WIB.
    2. Pilihan 1, 2 dan 3 dapat dalam jalur yang sama atau berbeda.
    3. Dikecualikan dari huruf c calon peserta didik dari anak guru yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua.

 

  1. Proses Pendaftaran.
    1. Proses Pendaftaran Reguler Penduduk dalam DIY Sebelum pelaksanaan pendaftaran PPDB online dimulai, pendaftar : 

1). Melakukan pengajuan akun secara daring/online di laman PPDB dan menggunggah berkas sebagai berikut:

(a) Ijazah SMP/MTs/Paket B/Wustha; dan

(b) Kartu Keluarga (KK).

2) Jika sampai batas waktu dimulainya pengambilan token, persyaratan sebagaimana dimaksud dalam huruf a). (1) belum dimiliki calon peserta didik maka dapat digantikan dengan Surat Keterangan Lulus dari sekolah yang mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);

3) Menunggu panitia memverifikasi berkas pengajuan akun. Calon peserta didik secara rutin memantau telah aktif/tidaknya Token pada pengajuan akun masing-masing.

4) Melakukan aktivasi akun setelah diverifikasi oleh panitia sesuai poin c di atas, dan membuat password baru.

5) Melakukan pendaftaran daring/online dengan cara:

(a) Membuka situs PPDB daring/online DIY dengan alamat http://ppdb.jogjaprov.go.id

(b) Melakukan “Login” menggunakan akun NISN dan password yang telah dibuat sebelumnya.

(c) Melakukan pilihan peminatan untuk SMAN 2 Ngaglik  (MIPA atau IPS)

(d) Mengisi formulir Pendaftaran daring/online; dan

(e) Melihat/memantau hasil seleksi dan pengumuman di laman PPDB Online.

b. Proses Pendaftaran Reguler Penduduk luar DIY, Sebelum pelaksanaan pendaftaran PPDB Online dimulai, calon peserta didik:

1) Melakukan input data melalui daring/online di laman ppdb.jogjaprov.go.id dengan   menggunggah:

(a) Ijazah SMP/MTs/Paket B/Wustha;

(b) Kartu Keluarga (KK);

(c) Rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) SMP/MTS/Paket B/Wustha; dan

(d) Surat Keterangan Akreditasi Sekolah dalam huruf dan Angka dari sekolah asal;

2) Melakukan proses pendaftaran dengan mengisi formulir secara daring/online di laman PPDB dan menggunggah berkas sebagai berikut:

(a) Ijazah SMP/MTs/Paket B/Wustha;

(b) Kartu Keluarga (KK);

(c) Jika sampai batas waktu dimulainya pengambilan token, persyaratan sebagaimana  dimaksud  dalam huruf 2). (a) belum dimiliki calon peserta didik maka dapat digantikan dengan Surat Keterangan Lulus dari sekolah yang mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);

(d) Surat Rekomendasi Jalur Afirmasi (khusus penduduk DIY lulusan luar DIY) dan/atau Surat Rekomendasi Penambahan Prestasi Non Akademik (khusus bagi yang memiliki) dan/atau Surat Rekomendasi Perpindahan Tugas Orangtua/Wali (khusus bagi yang akan menggunakan jalur perpindahan orangtua/wali).

3) Menunggu panitia memverifikasi berkas pengajuan akun. Calon peserta didik secara rutin   memantau telah aktif/tidaknya Token pada pengajuan akun masing-masing.

4) Melakukan aktivasi akun setelah diverifikasi oleh panitia sesuai poin c di atas, dan membuat password baru.

5) Melakukan pendaftaran daring/online dengan cara:

(a) Membuka situs PPDB daring/online DIY dengan alamat ppdb.jogjaprov.go.id

(b) Melakukan “Login” menggunakan akun NISN dan password yang telah dibuat sebelumnya;

(c) Melakukan pilihan Peminatan untuk SMAN atau kompetensi keahlian untuk SMKN;

(d) Mencetak “Tanda Bukti Pendaftaran Daring/Online” yang memuat nomor pendaftaran.

(e) Melihat/memantau hasil seleksi dan pengumuman di laman PPDB Online.

  1. Calon peserta didik dapat melakukan 1 (satu) kali perubahan pilihan jenis sekolah SMA ke SMK atau sebaliknya, sampai satu hari sebelum tanggal penutupan pendaftaran pukul 23.59

VII. TATA CARA SELEKSI

  1. Jalur Zonasi

Penentuan urutan seleksi didasarkan pada:

    1. Zonasi sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon peserta didik;
    2. Nilai gabungan SMP/MTs/Paket B/Wustha;
    3. Prioritas pilihan; dan
    4. Pendaftar lebih awal. Jalur prestasi
  1. Jalur Afirmasi

Penentuan urutan seleksi didasarkan pada:

    1. Zonasi sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon peserta didik;
    2. Nilai gabungan SMP/MTs/Paket B/Wustha;
    3. Prioritas pilihan; dan
    4. Pendaftar lebih awal.

3. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali

Penentuan urutan seleksi didasarkan pada:

    1. Nilai gabungan SMP/MTs/Paket B/Wustha;
    2. Prioritas pilihan; dan
    3. Pendaftar lebih awal.

4. Jalur Prestasi

Penentuan urutan seleksi didasarkan pada:

    1. Nilai gabungan SMP/MTs/bentuk lain yang sederajat, ditambah prestasi di bidang non akademik;
    2. Prioritas pilihan; dan
    3. Pendaftar lebih awal.

 

VII. PENDAFTARAN ULANG CALON PESERTA DIDIK

  1. Calon Peserta didik yang dinyatakan diterima wajib melakukan daftar ulang di sekolah masing-masing dengan menyerahkan:
    1. Rapor SMP/MTs/Paket B/Wustha;
    2. Ijazah/STTB asli;
    3. Apabila sebagaimana huruf b belum ada, maka dapat digantikan Surat Pernyataan dari Kepala Sekolah SMP/MTs/Paket B/Wusta yang menyatakan bahwa Ijazah belum terbit dan digantikan dengan Surat Keterangan Pengganti Ijazah.
    4. Surat Pernyataan orangtua yang berkaitan dengan keaslian dokumen dan persyaratan lain yang dibutuhkan   oleh satuan pendidikan.
    5. Jika sampai batas waktu pendaftaran ulang kondisi belum memungkinkan dilakukan pertemuan dengan calon peserta didik baru maka pelaksanaan daftar ulang dengan cara daring/online.

Calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima dan tidak melakukan daftar ulang sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, haknya dinyatakan gugur.

 

IX. KELAS INKLUSI

Penerimaan calon peserta didik baru kelas inklusi bagi anak  disabilitas diatur sebagai berikut:

  1. Cara Pendaftaran

Proses pendaftaran dilaksanakan secara langsung di sekolah yang menjadi pilihan.

  1. Syarat Pendaftaran Pendaftar menyerahkan:
    1. Nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) jenjang SMP/MTs/Paket B/Wustha;
    2. Fotokopi Ijazah/STTB yang telah dilegalisir dengan menunjukkan aslinya atau Surat Keterangan Lulus/tamat (bagi yang sudah memiliki);
    3. Surat Keterangan/Rekomendasi hasil asesmen dari psikolog yang menyatakan anak yang bersangkutan berkebutuhan khusus dan mampu belajar di kelas reguler;
    4. Fotokopi KTP orang tua/wali dan Kartu Keluarga (KK) dengan menunjukkan aslinya; dan
    5. Pas foto ukuran 3 x 4 cm berwarna sebanyak 4 (empat)
  2. Tata Cara Seleksi
    1. Tata cara seleksi diserahkan sekolah dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan, pencegahan, dan penanggulangan COVID-19.
    2. Dilaksanakan sebelum pendaftaran reguler dengan penentuan seleksi didasarkan pada pendaftar lebih awal. Calon peserta didik yang telah diterima pada Kelas Inklusi tidak dapat mengikuti PPDB reguler.
  3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
    1. Pendaftaran : Rabu d. Jumat, tanggal 10 s.d. 12 Juni 2020
    2. Seleksi : Senin, 15 Juni 2020
    3. Pengumuman : Selasa, 16 Juni 2020
    4. Daftar Ulang : Jumat, Senin, Selasa, dan Rabu, tanggal 3, 6, 7, dan 8 Juli 2020
    5. Tempat : di sekolah masing-masing
  4. Pengumuman penerimaan peserta didik baru Kelas Inklusi dilakukan di sekolah maupun dilakukan  secara daring/online diwebsite  ppdb.jogjaprov.go.id            

 

X. LAIN – LAIN :

Bila ada hal-hal yang belum jelas tentang pengumuman ini dapat ditanyakan pada bagian  informasi.

Juknis PPDB DIY 2020/2021: